KISI-KISI SOAL BAHASA JAWA

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS VII, VIII, DAN IX TAHUN 2012/2013

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS IX

No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator
1. Mendengarkan dan memahami berbagai wacana lesan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan sandiwara Sandiwara v Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis.

v Mampu menjelaskan unsure intrinsik sandiwara.

2. Mampu menulis bacaan berhuruf jawa Menulis paragraph berhuruf  Jawa yang menerapkan angka Jawa Angka Jawa v Mampu mengurutkan angka Jawa yang dimaksud.

v Mampu menulis angka Jawa secara terpisah

v Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat

3. Mampu membaca nyaring sesuai dengan intonasi, jeda atau tempo, lafal dan irama yang benar Membaca nyaring cerita wayang Ramayana Cerita Ramayana Ukara camboran v Mampu menjelaskan isi bacaan.

v Mampu menyebutkan contoh ukara camboran berdasarkan jenisnya

4. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar Berdialog dengan warga masyarakat v Menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog

v Menyebutkan jenis kalimat dengan dialog

5. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca paragraph berhuruf  jawa yang menerapkan angka jawa Angka Jawa v Mampu membaca bacaan berhuruf  jawa yang menerapkan angka jawa

v Mampu mengubah bacaan ke dalam huruf latin

6. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar Menulis sastra sederhana geguritan Geguritan v Mampu menjelaskan aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis sastra

v Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis

7. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lesan dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah-ungguh yang benar Bercerita tentang adat istiadat Upacara adat v Menyebutkan contoh adat istiadat.

v .Menentukan jenis adat istiadat

v Mengartikan wangsalan

v Menjawab pertanyaan yang terkait dengan adat istiadat

8. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca Indah tembang Dhandhanggula Tembang Dhandhanggula v Menyebutkan ciri-ciri tembang Dhandhanggula

v Mengartikan makna kata dalam tembang

9. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca nyaring cerita wayang Ramayana Wayang Ramayana v Menjelaskan isi bacaan

v Menyebutkan isi bacaan secara ringkas

v Menentukan jenis ukara

v Menerapkan tembung sesulih

v Mengartikan sanepa

10. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara tertulis dalam berbagai bentuk tulisan dan ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang benar Menulis Susastra sederhana Cerita Rakyat v Menentukan paraga cerita rakyat

v Menjelaskan arti kata cerita rakyat

v Menerapkan unggah-ungu

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS VIII

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR
1. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa. Mendengarkan Cerita Legendha Cerita Legenda

Tembung rangkep

Jenis-jenis kalimat

Ragam bahasa jawa

Disajikan wacana legenda

>Menyebutkan tokok/paraga

>Menjelaskan karakter tokoh

>Menjelaskan isi cerita

>Menyebutkan nama tembung

Rangkep

>Menunjukan kalimat yang

menggunakan tembung rangkep

>Menunjukan kalimat perintah

>Menjelaskan cirri-ciri salah satu

jenis kalimat

>Menyebutkan kegunaan ragam

ngoko lugu

>Menunjukan kalimat yang

menggunakan ragam bahasa

ngoko alus

>Mengubah kalimat beragam

ngoko alus menjadi ragam

karma alus

2. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca pemahaman cerita wayang Crita wayang Ramayana

Ukara tanggap

Disajikan wacana cerita wayang

>Menjawab pertanyaan bacaan

>Mengubah bacaan ke dalam

ragam bahasa jawa

>Menjelaskan karakter tokoh

>Menjelaskan isi bacaan

>Menjelaskan unsur-unsur

intrinsik cerita wayang Ramayana

>Menunjukan ukara tanggap

tripurusa

>Menunjukan ukara tannduk

>Menjelaskan ukara tanggap Na

>Mengubah ukara tanduk menjadi

ukara tanggap

Membaca paragraf berhuruf Jawa Wacana berhuruf jawa

Tembung entar

Disajikan wacana berhuruf jawa

>Membaca kalimat berhuruf jawa

dengan penerapan pasangan

>Menunjukan kalimat yang

dimaksud dalam bacaan

>Menjawab pertanyaan bacaan

>Mengubah bacaan berhuruf Jawa

ke dalam tulisan latin

>Menyusun kalimat menjadi

paragraf yang benar

>Menunjukan kalimat yang

menggunakan tembung entar

>Menjelaskan makna tembung

entar

3. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa Mendengarkan iklan Iklan > Mampu mengungkapkan isi iklan secara

tertulis

> Mampu memberi tanggapan tentang isi

iklan

> Mampu menjawab Pertanyaan yang

berkaitan dengan isi iklan

4. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf jawa. Membaca indah geguritan Geguritan > Membaca geguritan dengan lafal,

intonasi dan ekspresi yang sesuai

>Menjawab pertanyaan bacaan.
>Menceriterakan isi geguritan dengan

bahasa sendiri.

Membaca indah tembang Asmaradana Tembang Asmaradana >Menembangkan tembang asmaradana
> Menceriterakan isi tembang
5. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh Menulis dua paragraf berhuruf jawa terdiri dari 5 – 7 kalimat Paragraf berhburuf jawa > Mampu menulis pasangan yang mirip

dengan hurufnya.

> Mampu menerapkan pasangan dalam

kalimat.

>Mampu menulis paragraf pendek

berhuruf jawa.

6. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasn dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam berbagai jenis karangan Melakukan percakapan dengan orang yan lebih tua, misalnya menanyakan, menyampaikan pesan atau mengundang secara lisan. Percakapan >Mampu menjawab pertanyaan yang

terkait dengan percakapan.

Ukara tanduk >Mampu membedakan ukara tanduk

mawa lesan dan tanpa lesan

>Mampu menerapkan ukara tanduk

 

ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS VII

No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator
1. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa. Mendengarkan percakapan dalam berbagai kegiatan, misalnya dengan teman sebaya, guru, orang tua, dan orang yang dituakan Percakapan

Tembung lingga

-    Dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuaikonteks pembicaraan

-    Dapat memilih kata dalam kalimat yang termasuk tembung lingga

2. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca pemahaman bacaan sastra cerita wayang Ramayana Bacaan cerita Ramayana

Tembung andhahan

-    Dapat menjawab pertanyaan bacaan cerita wayang Ramayana

-    Dapat memilih kata yang mendapatkan awalan anuswara

-    Dapat menentukan kata dasar dari sebuah kata jadian

-    Dapat memilih kata yang menggunakan awaln Tripurusa

3. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis kalimat berhuruf Jawa. Menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko Pengalaman pribadi -    Dapat menunjukkan ragam basa yang digunakan dalamteks pengalaman pribadi

-    Dapat menyebutkan pengalaman pribadi menurut isinya

4. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa. Mendengarkan cerita teman tentang tema tertentu dengan ragam ngoko dan krama Teks cerita dalam ragam ngoko -    Menyebutkan watak tokoh dalam teks cerita ” KacangMangsa Ninggal Lanjaran “

-    Menyebutkan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan

-    Menyebutkan sinonim kata yang terdapat di dalam teks

-    Menyebutkan ragam basa dari sebuah kalimat yangterdapat di dalam teks

-    Mampu menyebutkan tokoh cerita, watak tokoh dan isi cerita

5. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh. Berdialog Teks dialog

Ater-ater dan seselan

-    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isipercakapan

-    Menyebutkan ragam basa yang digunakan tokoh “Bagas”dalam teks percakapan

-    Dapat memilih kata yang menggunakan sisipan

-    Dapat menyebutkan jenis ater-ater anuswara

-    Dapat menyebutkan pangrimbag kata yang mendapatkan sisipan

6. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca nyaring Bacaan cerita fabel -    Menyebutkan jenis dongeng yang tokohnya ” Hewan”

-    Menyebutkan watak tokoh dalam dongeng ” Kancil lankethek “

-    Menyebutkan pesan moral yang terdapat dalam dongeng

7. Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa. Mendengarkan dan memahami pengumuman tentang rencana kegiatan di sekolah. Pengumuman -    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi pengumuman
8. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca indah geguritan dan tembang Macapat Durma Geguritan

Tembung Entar

Tembang Durma

-    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi geguritan

-    Mampu menjelaskan arti tembung entar

-    Mampu melengkapi kalimat dengan tembung entar yang sesuai

-    Mampu menjelaskan guru gatra, guru wilangan dan guru lagu tembang Durma

-    Mampu menjelaskan arti sebuah kata dalam tembang Durma

9. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis kalimat berhuruf Jawa. Menulis kalimat berhuruf Jawa Sandhangan Panyigeg Wanda -    Mampu menyebutkan jenis-jenis sandhangan panyigeg wanda

-    Mampu menulis kalimat berhuruf Jawa dengan menerapkan sandhangan panyigeg wanda

10. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui berbicara, bertelepon, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh. Menelepon atau menyampaikan pesan lisan kepada orang lain Menelepon -    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan menelepon
11. Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa. Membaca kalimat berhuruf Jawa. Bacaan Aksara Jawa -    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan berhuruf Jawa
12. Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis kalimat berhuruf Jawa. Menulis poster/iklan Teks Iklan

Paribasan

-    Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan iklan

-    Mampu menjelaskan arti sebuah paribasan

 

 

About these ads

7 Komentar (+add yours?)

  1. Rika vivi wahyuni
    Des 13, 2012 @ 20:25:16

    Matur nuwon^_^

    Balas

  2. Rika vivi wahyuni
    Des 13, 2012 @ 20:26:29

    sami-sami ^_^

    Balas

  3. Ika Agustina Prastyani
    Mar 17, 2013 @ 17:54:30

    Nyuwun sewu, dereng wonten kisi-kisi soal Ulangan Akhir Semester II kangge kelas 9, nggih?

    Balas

  4. em piye kabarmu rek
    Apr 06, 2013 @ 11:44:07

    wow

    Balas

  5. Miftakhul Al Ehzan
    Nov 27, 2013 @ 17:43:11

    nyuwun ngapuntn nggih.. niki drg wonten kisi-kisi UAS semester 1 tapel 2013/2014 kngge kls 8 nggih,??

    Balas

  6. Beta GP
    Des 17, 2013 @ 07:00:06

    saweg sibuk punapa, pak Bandi? kados kok kirang up to date..amargi sapunika lare sampun migunaaken kurikulum 2013.

    Balas

  7. Anonymous
    Agu 26, 2014 @ 10:23:30

    SUWUN GEH

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: