SMPN 1 PEKALONGAN

http://smpn1-pekalongan.sch.id/

SMPN 1 Pekalongan Rintis Pembelajaran Telekonferensi
 Di Posting Oleh :  Baban   Pada : 2011-11-16 10:23:11
Berikut adalah berita lengkap dari Suara Merdeka :
PEKALONGAN – SMPN 1 Pekalongan mulai merintis pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan native speaker dari luar negeri, melalui fasilitas telekonferensi dalam program video antarmuka Skype.

 

Meski penggunaan program skype untuk telekonferensi sudah lazim digunakan masyarakat umum, penggunaan skype di SMP 1 Pekalongan dikhususkan untuk pembelajaran bahasa inggris, dengan native speaker yang juga guru dari sekolah menengah di luar negeri.

“Biaya untuk mendatangkan native speaker dari luar negeri tentu mahal. Namun melalui fasilitas telekonferensi menggunakan skype, kita hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar untuk bisa berbincang dan berlatih berbahasa inggris dengan guru dari luar negeri,” ujar Fatimah, guru bahasa Inggris SMPN 1 Pekalongan.

Dia menjelaskan, di SMP 1 Pekalongan, setiap minggu dilakukan telekonferensi untuk kelas immersi.

Adapun siswa non immersi yang kemampuan berbahasa Inggris di atas rata – rata, juga turut diajak dalam telekonferensi tersebut.

Konsultan telekonferensi Endang Palupi menjelaskan, untuk kali pertama native speaker yang diaajak adalah Joe McNulty, guru Newton Middle School, Newton, Pennsylvania, amerika Serikat. “Kebetulan Joe merupakan bagian dari kelompok Hellow Little World (HLW) di Skype” ujar Endang.

HLW merupakan kumpulan guru dari berbagai penjuru dunia yang menggunakan Skype sebagai saran pembelajaran dan bertukar pengalaman.

 

Perbedaan Waktu

Kendala dalam telekonferensi ini, menurut Endang, adanya perbedaan waktu dalam pelaksanaan jam belajar dengan kegiatan native speaker di luar negeri karena sudah masuk tengah malam dan waktu mereka beristirahat. “Namun karena kecintaannya untuk mengajar, membuat mereka tak menghiraukan meski harus bangun tengah malam untuk belajar berbicara dengan murid – murid di Indonesia,” ujar Endang.

Joe McNulty dalam perbincangan dengan Suara Merdeka menyambut telekonferensi tersebut. “Senang bertemu dan berbicara dengan murid dari indonesia meski hanya lewat internet, semoga bisa bertemu langsung di lain kesempatan,” ujar Joe.

Kepala SMPN 1 Pekalongan Aris Supriyanto mengharapkan melalui telekonferensi ini, tak hanya murid yang dilatih mental untuk berbicara dengan orang asing, namun juga guru – guru bahasa inggris diharapkan semakin fasih berbahasa inggris(K21-74). (Sumber : Suara Merdeka tanggal : 15 November 2011)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: